Beranda » News & Gallery » Pentingnya Pameran Dagang Mode dalam Meningkatkan Bisnis Fashion dan Tekstil

Pentingnya Pameran Dagang Mode dalam Meningkatkan Bisnis Fashion dan Tekstil

manfaat berpartisipas dalam pameran dagang mode.

Hi fashionpreneur! Apakah bisnis fashion-mu pernah berpartisipasi pada event pameran dagang mode atau trade fair? Baik fashionpreneur yang memiliki bisnis fashion terkenal ataupun pemula, berpartisipasi pada pameran dagang adalah pilihan terbaik untuk strategi pemasaran, loh!

Dalam artikel ini, CHARISMA akan memberikan informasi mengenai apa yang perlu fashionpreneur ketahui tentang: Apa itu pameran dagang? Siapa saja pengunjung dan partisipannya? Serta manfaat pameran dagang dalam meningkatkan pertumbuhan bisnis fashion. Simak artikel ini sampai akhir, ya!

Apa Itu Pameran Dagang?

Pameran dagang mode adalah sebuah gelaran acara dimana para produsen fashion berkumpul untuk menampilkan atau memamerkan produk atau layanan mereka. Pameran dagang mode menjadi ajang promosi yang efektif, pasalnya pameran selalu ramai dipadati pengunjung. Baik yang sekedar melihat tren atau ingin membeli pakaian.

Analisis menunjukkan bahwa pameran dagang memberi pengaruh besar dalam meningkatkan pertumbuhan sebuah bisnis, bahkan hingga industri fashion dan tekstil itu sendiri. Ada banyak sekali jenis pameran dagang mode yang berlangsung di Indonesia, baik itu skala daerah, nasional hingga internasional.

Salah satu event pameran dagang mode adalah Jakarta International Handicraft Trade Fair atau yang lebih dikenal dengan INACRAFT. Pameran dagang kerajinan tangan, mode dan tekstil yang terbesar di Asia Tenggara ini berhasil menjadi wadah yang dinamis untuk memperkenalkan produk, meningkatkan kolaborasi serta mempercepat perluasan jaringan perdagangan mode. 

Siapa Saja Peserta dan Pengunjung Pameran Dagang Mode?

Fashion brand merupakan peserta utama pameran tersebut. Mereka mempersembahkan koleksi terbaru dan terbaik brand mereka untuk dipamerkan kepada pengunjung. Pengunjung pameran dagang sebagian besar adalah konsumen retail, pengecer, pemilik toko pakaian dan pembeli dari department store besar.

Tidak hanya itu, tidak jarang juga profesional mode lainnya seperti fashion designer, jurnalis,  pengamat tren hingga profesional dari industri ritel yang lebih luas juga kerap hadir untuk menikmati dan mengamati pameran dagang mode tersebut. 

Jadi, Apa Manfaat dari Berpartisipasi dalam Pameran Dagang?

  • Meningkatkan Kesadaran Merek

Bayangkan fashionpreneur memiliki customer yang sudah tertarik dengan koleksi brand fashion kamu dan secara khusus mendatangi pameran dagang mode untuk mencari produk yang kamu tawarkan. Ini merupakan impian sebagian besar fashionpreneur bukan? Itulah salah satu yang ditawarkan pameran dagang mode untuk bisnis kamu. 

Jika brand fashion kamu sudah besar dan terkenal, pengunjung akan mencari koleksi kamu dan sebagai fashionpreneur, kamu dapat meluncurkan kampanye dan koleksi terbaru. Namun, jika kamu memiliki brand fashion yang masih baru, pameran ini akan menjadi platform terbaik untuk meningkatkan kesadaran tentang brand kamu. 

Tidak sedikit pengunjung pameran yang hadir karena ingin mengetahui lebih banyak tentang tren mode terbaru. Interaksi langsung dengan pengunjung memberi kesempatan untuk kamu menyampaikan pengetahuan tentang merek hingga penawaran produk. Jika kamu dapat memanfaatkannya dengan cara yang benar, ini akan menjadi strategi kampanye terbaik untuk meningkatkan brand awareness bisnis kamu. 

  • Ekspansi Bisnis 

Hal ini menjadi dampak atau manfaat terbesar bagi bisnis apapun dari pameran dagang. Jika kamu berpartisipasi pada pameran dagang mode, orang-orang yang mengunjungi stan kamu akan melihat koleksi, mereka mencari apa yang kamu tawarkan. Ini merupakan cara paling organik dan sederhana untuk menghasilkan prospek.

Promosi pemasaran yang baik, demo produk yang efektif dan perhatian terhadap kebutuhan spesifik pelanggan melalui interaksi tatap muka akan menjadi cara paling ampuh untuk menghasilkan prospek. Selain itu, pameran dagang mode merupakan tempat terbaik untuk menampilkan keotentikan brand fashion kamu. Jika kamu ingin mengembangkan bisnis fashion, menghadiri pameran seperti ini adalah suatu keharusan. 

  • Riset Pasar 

Fashionpreneur pasti merasakan ini merupakan aspek tersulit dalam membangun bisnis fashion. Tantangannya dimulai dengan sulitnya mendapatkan responden yang benar-benar tertarik. Mulai dari tertarik dengan penawaran produk dan bersedia menjawab pertanyaan penelitian. Menjadi kekhawatiran tersendiri untuk mendapat jawaban yang benar karena adanya keterpaksaan. 

Bandingkan hal ini jika fashionpreneur sedang berada di pameran dagang mode. Pengunjung berdatangan atas kemauannya sendiri tanpa harus terbujuk untuk menjawab pertanyaan penelitian tersebut. Mereka justru mencari penawaran dari suatu brand dan bersedia menjawab pertanyaan yang diajukan. 

Hal yang perlu diperhatikan fashionpreneur hanyalah menyusun pertanyaan sedemikian rupa dan komunikasikan secara baik dengan pengunjung, jangan lupa berterima kasih dan akan jauh lebih baik kalau fashionpreneur memberikan hadiah atau merchandise untuk pengunjung yang bersedia menjawab pertanyaan. 

  • Up To Date Trend Fashion 

Dalam bisnis apapun, seorang pebisnis harus selalu mengetahui tren terkini di bidangnya. Pada industri fashion, baik pebisnis yang sudah bertahun-tahun ataupun yang baru saja menyelami industri ini, tidak akan berhasil dan berkembang jika tidak up to date dengan informasi yang sedang happening.

Informasi tersebut hanya tentang desain atau model baju yang sedang populer, tetapi juga strategi promosi, konsep bisnis, cara penjualan dan lain sebagainya. Agar mudah mendapatkan informasi tersebut, maka cara terbaik adalah dengan berkumpul dengan orang-orang yang terlibat.

Pameran dagang mode adalah tempat bagi para pelaku fashion, desainer, pemasok, produsen serta pendukung seperti mitra teknologi dan logistik berkumpul di satu tempat selama acara tersebut berlangsung. Di tempat ini, para pelaku fashion dengan cepat memperbarui diri dengan ide-ide yang dipamerkan, pertukaran ide dan informasi ini dapat menjadi diferensiasi atau keotentikan bagi suatu brand fashion jika dimanfaatkan dengan baik.

  • Membangun Jaringan yang Kuat

Suatu bisnis akan lebih cepat berkembang jika melibatkan interaksi langsung dengan pelanggan dan mitra bisnis. Bisnis fashion tidak hanya menjual pakaian tetapi juga impian, aspirasi dan cara berekspresi.

Ketika sebuah bisnis fashion sudah berhasil terkait dengan emosi pelanggannya, penting bagi fashionpreneur untuk menyampaikan kampanye dan promosi secara konsisten. Keberhasilan tersebut hanya mungkin terjadi jika fashionpreneur memiliki jaringan pemasok, produsen dan mitra lain yang handal untuk mendukung seluruh operasional bisnis. 

Lalu, dimana fashionpreneur menemukan mitra yang dapat diandalkan? Salah satu caranya adalah dengan menghadiri pameran dagang mode. Namun, jika dalam waktu dekat ini belum tersedia jadwal pameran dagang mode, fashionpreneur dapat mengunjungi toko CHARISMA yang tersebar di berbagai pusat perbelanjaan di Kota Jakarta, Tasikmalaya, Pekalongan dan Solo. 

CHARISMA merupakan pemasok dan produsen berbagai jenis bahan baku fashion seperti bahan kain, label brand, hingga aksesoris seperti renda, payet, kancing dan lain sebagainya. Selain itu, CHARISMA juga menyediakan jasa celup kain dan develop berbagai aksesoris untuk didesain sesuai dengan kebutuhan bisnis fashion. 

Di toko CHARISMA, fashionpreneur bisa merasakan langsung (hand-feeling) kualitas produk-produk kami. CHARISMA telah dipercaya lebih dari puluhan tahun oleh ribuan bisnis fashion dan deretan fashion designer ternama untuk memenuhi kebutuhan bisnis fashion mereka. Jika fashionpreneur berminat untuk bermitra dengan CHARISMA, silakan kunjungi website kami untuk mengetahui produk dan layanan apa saja yang ada di CHARISMA.

Nah, itulah tadi penjelasan singkat dan beberapa manfaat yang dirasakan oleh semua fashionpreneur yang telah berpengalaman berpartisipasi pada pameran dagang mode. Menghadiri atau berpartisipasi pameran dagang mode merupakan suatu keharusan bagi semua fashionpreneur yang ingin meningkatkan bisnis fashion-nya.

Meskipun pameran dagang mungkin diadakan pada waktu tertentu dalam setahun, kebutuhan bahan baku produk fashion berkualitas tetap berjalan sepanjang waktu. CHARISMA sebagai one stop shopping dapat menjadi pilihan terbaik bagi para fashionpreneur yang ingin memasok segala kebutuhan produksi bisnis fashion dengan mudah dan praktis.

Let’s Level Up Your Fashion Brand with CHARISMA!

Tuliskan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Keranjang belanja

Tidak ada produk di keranjang.

Kembali ke toko

Charisma Official Shop

Selamat datang di Toko Kami. Kami siap membantu semua kebutuhan Anda

Selamat datang, ada yang bisa Kami bantu

Kolom Pesanan