Konsep Capsule Wardrobe, Inovasi Fashion Terbaik di 2024

Hi fashionpreneur! Kamu pernah dengar istilah capsule wardrobe yang sedang populer pada industri fashion berkelanjutan? Konsep ini semakin populer dengan adanya kesadaran para masyarakat terkait krisis lingkungan yang sedang terjadi saat ini.
Industri fashion menjadi salah satu yang memiliki dampak besar terhadap lingkungan. Dalam beberapa waktu terakhir, kebutuhan pakaian yang ramah lingkungan dan bisnis sustainable fashion semakin meningkat.
Menurut survei global di tahun 2018, sebanyak 66% generasi milenial bersedia membeli pakaian lebih banyak dari sustainable fashion brand. Salah satu konsep yang sedang populer adalah konsep capsule wardrobe, yang tidak hanya mendukung kelestarian lingkungan tetapi juga membuka peluang ekonomi yang lebih berkelanjutan.
Apa itu Capsule Wardrobe?
Bagi fashionpreneur, capsule wardrobe merupakan konsep dimana seorang pebisnis fashion menciptakan koleksi pakaian yang terbatas jumlah desainnya, namun dapat dikombinasikan dengan baik untuk menciptakan berbagai gaya. Biasanya, terdiri dari basic wear yang tidak terlalu terpaku pada tren, sehingga bisa digunakan kapan saja.Â
Tujuan utama diterapkannya konsep ini yaitu agar konsumen mudah dalam memadupadankan pakaian secara fleksibel, memiliki pakaian yang versatile dan berdaya tahan lama atau timeless. Hal ini tidak hanya memberikan kepraktisan bagi konsumen, tetapi juga memungkinkan konsumen untuk menyederhanakan dan mengoptimalkan lemari pakaian mereka.
Mungkin fashionpreneur akan berpikir jika menerapkan konsep seperti ini, bukankah justru akan membuat produk yang terjual menjadi lebih sedikit dan pada akhirnya bisnis fashion mengalami penurunan omzet? Jangan salah, simak manfaat capsule wardrobe untuk bisnis fashion berikut ini!
Manfaat Capsule Wardrobe untuk Bisnis Fashion
-
Meningkatkan Kredibilitas Bisnis
Bisnis yang berfokus dalam mengupayakan sustainability, salah satunya dengan capsule wardrobe, berpeluang mendapatkan dukungan lebih besar dari konsumen yang semakin peduli dengan isu-isu lingkungan, khususnya generasi milenial yang saat ini berada pada usia produktif.Â
Produk-produk yang menerapkan sustainability cenderung memiliki kualitas produk yang lebih eksklusif karena terbuat dari material pilihan dan diproduksi dengan jumlah yang terbatas. Mempromosikan dan menawarkan produk yang eksklusif akan meningkatkan kredibilitas bisnis fashion dan tentunya juga berpeluang meningkatkan nilai jual produk.
-
Menciptakan Pelanggan yang Loyal
Konsep capsule wardrobe dapat membantu menciptakan pelanggan yang setia karena mereka dapat mengandalkan produk fashion kamu untuk waktu yang lama. Mereka merasa bahwa bisnis fashion kamu berpartisipasi dalam gaya hidup berkelanjutan.
Pelanggan yang loyal umumnya kurang peka terhadap harga, mereka tidak menjadikan harga sebagai bahan pertimbangan saat membeli produk. Mereka akan tetap berlangganan atau membeli produk dalam jangka waktu yang lama, bahkan berpotensi menyebarkan informasi positif tentang bisnis fashion dan produk yang ditawarkannya.
-
Inovasi dalam Desain dan Produk
Fokus dalam sustainability dapat mendorong inovasi dalam desain dan proses produksi. Untuk inovasi desain dan produksi, fashionpreneur dapat menciptakan pola-pola klasik dengan teknik digital printing yang dapat mengurangi limbah dan membuat produksi lebih cepat dan hemat.Â
Selain itu, dengan mengikuti konsep ini, fashionpreneur tidak perlu pusing mengikuti trend yang terus berubah setiap waktunya. Desain yang telah dirancang bersifat timeless, sehingga fashionpreneur tidak perlu khawatir desain koleksi akan ketinggalan zaman.
Cara Membangun Bisnis Fashion Berkelanjutan dengan Capsule Wardrobe
-
Menciptakan Desain Produk yang Bertahan LamaÂ
Fokuslah untuk merancang desain pakaian yang timeless atau tidak lekang oleh zaman. Desain yang chic dan simple akan lebih diminati oleh target konsumen bisnis fashion berkelanjutan karena cocok dikenakan untuk berbagai kesempatan.Â
Perhatikan juga material yang digunakan memiliki kualitas tinggi agar pakaian tetap awet dan tidak mudah usang. Konsumen yang menerapkan konsep capsule wardrobe akan sering menggunakan pakaiannya untuk aktivitas sehari-hari, sehingga akan lebih sering dicuci dan terpapar deterjen. Oleh karena itu, mereka akan memilih pakaian dengan daya tahan yang baik.
-
Penyadaran Pelanggan
Selain menjual produk, berikan edukasi kepada konsumen tentang konsep sustainable fashion, dampak positif terhadap lingkungan dan manfaat dari memiliki capsule wardrobe. Karena meskipun fashionpreneur tahu bahwa kamu telah menerapkan sustainability pada bisnis, namun pelanggan kamu belum tentu mengetahuinya.
Fashionpreneur dapat mengedukasi pelanggan melalui website, platform online dan juga kemasan yang ramah lingkungan atau dapat digunakan kembali. Kemasan yang dapat digunakan kembali membuat barang tersebut dapat digunakan untuk jangka waktu yang lebih lama. Artinya, pelanggan menerima manfaat yang jauh lebih besar dari energi yang dikeluarkan pada saat pembuatannya. Disinilah brand fashion kamu dapat menciptakan perubahan besar dengan mendorong pola pikir baru seputar pengemasan.
Baca juga: Meningkatkan Brand Awareness Bisnis Fashion dengan Kemasan Produk yang Elegan dan Berkelas
-
Proses Produksi yang Berkelanjutan
Seiring meningkatnya kesadaran akan keberlanjutan, bisnis fashion memiliki potensi untuk berkembang pesat sambil memberikan dampak positif pada bumi dan seisinya. Bekerjasama dengan organisasi dan produsen yang juga memiliki komitmen terhadap sustainability dapat memperkuat reputasi bisnis dan memperluas jaringan.Â
Fashionpreneur kesulitan mencari produsen yang ramah lingkungan? Jangan khawatir, CHARISMA hadir mendukung para fashionpreneur yang ingin menciptakan konsep capsule wardrobe sebagai upaya untuk menerapkan sustainability pada bisnis fashion.Â
Dengan layanan digital printing, fashionpreneur dapat dengan bebas menciptakan motif pada kain tanpa khawatir akan merusak lingkungan. Sebab, proses pencetakan kain digital printing lebih cepat, akurat dan juga hemat dibandingkan dengan teknik printing konvensional, sehingga mengeluarkan emisi karbon yang lebih sedikit.
Kebanyakan penyedia layanan digital printing menawarkan pemesanan dalam jumlah yang besar, melebihi jumlah produksi yang dibutuhkan. Untuk itu, CHARISMA hadir memberikan penawaran spesial bagi fashionpreneur yang ingin membangun bisnis fashion dengan konsep capsule wardrobe. Dengan kuantiti minimal 10 meter saja, fashionpreneur sudah dapat mengkustomisasi kain motif digital printing sesuai kebutuhan produksi.
Segera konsultasikan kebutuhan produksi fashion bersama CHARISMA, untuk informasi selengkapnya silakan hubungi kami disini.
Tuliskan Komentar